Sejarah Indonesia - Mengenal Sejarah Zaman Praaksara

05:22
Blog Mas Daof - Sejarah Indonesia - Mengenal Sejarah Zaman Praaksara , Sejarah masa praaksara atau nama lainya nirleka adalah masa dimana manusia belum mengenal tulisan dan hanya berkomunikasi dengan menggunakan bahasa tubuh. Masa nirleka melalui beberapa proses yang runtut dari terbentuknya kepulauan Indonesia hingga tercapai masa-masa nirleka tiba.

Sejarah Indonesia - Mengenal Sejarah Zaman Praaksara

Pengenalan Zaman Praaksara

Dinamika sejarah yang telah bermula sejak manusia ada, jika diruntut hingga sekarang, kita aakan menemukan betapa kesinambungan sejarah tidak mudah terputus, betapa pun segala macam perubahan terjadi
Manusia purba tidak mengenal tulisan dalam kebudayaanya. Masa Periode kehidupan ini dikenal dengan zaman praaksara. Masa praaksara berlangsung sangat lama jauh meleihi periode kehidupan manusia yang sudah mengenal tulisan. Oleh karena itu, untuk dapat memahami perkembangan kehidupan manusia pada zaman praaksara kit perlu mengenali tahpan-tahapanya.
Sebelum mengenali tahapan-tahapan atau pembabakan perkembangan kehidupan dan kebudayaan zaman praaksara, perlu diketahui lebih dalam apa yang dimaksud zaman praaksara.

Pengertian Zaman Praaksara

Praaksara adalah istlah baru untuk menggantikan istilah prasejarah. Penggunaan istilah prasejarah untuk menggambarkan perkembangan kehidupan dan budaya manusia saat belum mengenal tulisan adalah kurang tepat. Pra berarti sebelum dan sejarah adalah sejarah sehingga prasejarah berarti sebelum ada sejarah. Sebelum ada sejarah berarti sebelum ada aktivitas kehidupan manusia. Dalam kenyataanya sekalipun belum mengenal tulisan, makhluk yang dinamakan manusia sudah memiliki sejarah dan sudah menghasilkan kebudayaan. Oleh karena itu, para ahli mempopulerkan istilah praaksara untuk menggantikan istilah prasejarah

Praaksara berasal dari dua kata, yakni pra yang berarti sebelum dan aksara yang berarti tulisan. Dengan demikian zaman praaksara adalah masa kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan. Ada istilah yang mirip dengan istilah praaksara, yakni istilah Nirleka berarti nir tanpa dan leka berarti tulisan.

Sejak kapan zaman praaksara dimulai ?

Zaman praaksara dimulai sudah tentu sejak manusia ada, itulah titik dimulainya masa praaksara. Zaman praaksara yang sulit unutk dijawab adalah kapan tepatnya manusia itu mulai ada di bumi ini sebagai pertanda dimulainya zaman praaksara. Sampai sekarang para ahli belum dapat secara pasti menunjuk waktu kapan mulai ada manusia di muka bumi ini. Tetapi yang jelas perjalanan kehidupan di permukaan bumi yang rentang waktunya sangat panjang. Bumi yang kita huni sekarang diperkirakan mulai terjadi sekitar 2.500 juta tahun yang lalu

Sejak kapan zaman praaksara berakhir ?

Sudah barang tentu zaman praaksara itu berakhir setelah kehidupan manusia mulai mengenal tulisan. Terkait dengan masa berakhirnya zaman praaksara masing-masing tempat berbeda. Penduduk di Kepulauan Indonesia baru memasuki masa aksara sekitar abad ke-4 dan ke-5. Hal ini jauh lebih terlabat bila dibandingkan di tempat lain misalnya Mesir dan Mesotamia yang sudah mengenal tulisan sejak sekitar tahun 3000 SM. Fakta-fakta masa aksara di Kepulauan Indonesia dihubungkan dengan temuan prasasti peninggalan kerajaan tua seperti Kerajaan Kutai di Muara Kaman, Kalimanta Timur.

Bagaimana kalau ingin melakukan kajian tentang kehidupan zaman praaksara ?

Untuk menyelidiki zaman praaksara, para sejarawan harus menggunakan praaksara, para sejarawan harus menggunakan metode penelitian ilmu arkeologi dan sedikit banyak uga pada ilmu alam seperti geologi dan biologi, ilmu arkeologi adalah bidang ilmu yang mengkaji bukti-bukti atau jejak tinggalan fisikk, seperti lempeng artefak, monumen, candi dan sebagainua.

Arti Penting Pembelajaran Sejarah Zaman Praaksara

Arti Penting dalam pembelajaran tentang sejarah kehidupan zaman praaksara
Pertama -tama adalah keasadaran akan asala-usul manusia. Tumbuhan memiliki akar. Semakin tinggi tumbuhan itu, semakin dalam pula karnya menghunjam ke bumi hingga tidak mudah tumbang dari terpaan angin atau bencana alam lainya.

Demikian pula halnya dengan manusia. Semakin berbudaya seseorang atau kelompok masyarakat, semakin dalam pula kesadaran kolektif tentang asal usul dan penghargaan terhadap tradisi. Jika tidak demikian, manusia yang melupakan budaya bangsanya akan mudah terombang ambing oleh terpaan budaya asing yang lebih kuat, sehingga dengan sendirinya kehilangan identitas diri.

Kita bisa belajar banyak dari keberhasilan dan capaian prestasi terbaik dari pendahulu kita. Sebaliknya kita juga belajar dari kegagalan mereka yang telah menimbulkan malapetaka bagi dirinya atau bagi banyak orang.

Mengingat jauhnya waktu masa praaksara dengan kita sekarang, maka tidak jarang orang mempersoalkan apa perlunya kita belajar tentang zaman praaksara yang sudah lama ditinggalkan oleh manusia moder. Tetapi pandangan sepertin ini sungguh menyesatkan, sebab tentu ada hubunganya dengan kekinian kita.

Untuk memetik pelajaran dari uraian ini, dapat kita katakan bahwa nilai terpenting dalam pembelajaran sejarah tentang zaman praaksara, dan sesudahnya ada dua yaitu sebagai inspirasi untuk pengembangan nalar kehidupan dan sebagai peringatan. Selebihnya kecerdasan dan pikiran-pikiran kritislah yang akan menerangi kehoidupan masa kini dan masa depan.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

15 komentar

Write komentar
15 November 2015 at 02:15 delete

Praaksara...jaman dimana manusia belum bisa berkomunikasi bahkan dengan tulisan..nice share gan

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
22 November 2015 at 04:07 delete

Wahh makasih mass info dan ilmunya,,
Makasih udh dishare

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
22 November 2015 at 04:32 delete

wahh edukasi nih. mantap gan :D

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
22 November 2015 at 05:27 delete

pelajaran IPS nih gan hehe :D
nice :)

Reply
avatar
Egy
AUTHOR
22 November 2015 at 05:41 delete

jaman dulu sama jaman sekarang beda jauh banget ya gan.. dan jaman sekarang orangnya gampang menyerah, gak kaya dulu :D nice info gan

Reply
avatar
Aditya
AUTHOR
22 November 2015 at 05:45 delete

Jadi Tau Sejarah Zaman Praaksara :D

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
22 November 2015 at 05:59 delete

akhirnya ketemu juga buat presentasi besok, ijin bookmark gan untuk presentasi ane besok

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
23 November 2015 at 15:45 delete

terimakasihh pr sejarah kelar ni lanjut ngeblog :v

Reply
avatar
Naufal Hafiz
AUTHOR
25 November 2015 at 01:27 delete

makasih info nya gan, membantu tugas sejarah

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
3 December 2015 at 14:49 delete

Iya mas sama-sama :)

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
3 December 2015 at 14:49 delete

Sama-sama mbak claudya :)

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
6 December 2015 at 04:00 delete

Oke seep mas , mampir ke artikel lain ya :)

Reply
avatar