Mengupas Macam-macam Formasi Permainan Sepak Bola

00:14
Mengupas Macam-macam Formasi Permainan Sepak Bola


Formasi Permainan Sepak Bola

Permainan sepak bola adalah per,ainan beregu. Sebelas oemain mempunyai tjuan yang sama, yakni memenangkan pertandingan. Ketrampilan individu baru akan besar manfaatnya jika digunakan untuk kepentingan tim. Karenanya, pemain maupun pembina, harus memahami sistem-sistem yang dipakai dalam permainan sepak bola.

Dalam permainan sepak bola, kita mengenal empat formasi WM permainan yang sering digunakan oleh kesebelasan, di antaranya formasi 4-4-2 , 4-3-3 , 4-2-2 , 1-3-3-3, dan WM. Formasi tersebut akan dipaparkan satu per satu sebagai berikut.

a. Formasi 4-2-4
Formasi 4-2-4 dibuat berdasarkan formasi WM yang lahir di inggris dan kemudian berkembang luas. Formasi 4-2-4 kemudian berkembang lebih populer dari pada formasi WM.

b. Formasi 4-3-3
Formasi ini lebih fleksibel dari pada formasi 4-2-3 dengan menarik salah satu pemain depan. Pada formasi ini pertahanan mendapat dukungan yang lebih baik dari tiga pemain lapangan tengah, yang mengisi daerah depan area pertahanan.

c. Formasi 4-4-2
Formasi ini secara otomatis membuat kecenderungan agat baris pertahanan lebih baik dan ada peningkatan keseimbangan di palangan tengah.

d. Formasi 1-3-3-3
Formasi ini dapat di bandingkan denga sistem 4-3-3. Perbedaanya terletak pada formasi barisan pertahanan. Seorang center back tidak berdampingan, melainkan masing-masing di muka belakang.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »